Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2022, Danrem 132/Tadulako Tegaskan TNI Siap Mendukung Polda Sulteng

PALU – Komandan Korem 132/Tadulako Brigadir Jenderal TNI Toto Nurwanto, S.I.P, M.Si, mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2022 di Mapolda Sulawesi Tengah, Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu, Kamis (22/12/2022).

Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2022, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi bertindak selaku Inspektur Upacara.

Untuk diketahui, Operasi Lilin Tinombala 2022 melibatkan 3.138 Personil terdiri dari Organik Polda sebanyak 338 Personil, Organik Polres 768 Personil, dan TNI sebanyak 50 Personil.

“Personil tambahan dan Pengamanan Gereja sebanyak 1.965 Personil dan Mitra Kamtibmas 15 Personil, Senkom, Orari dan RAPI,” kata Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Adapun untuk Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebanyak 91 Pos, terdiri dari 70 Pos Pengamanan dan 21 Pos Pelayanan.

Adapun ancaman yang menjadi perhatian Operasi Lilin Tinombala 2022 adalah daerah yang rawan terjadi ancaman dan aksi teror dari jaringan teror yang ada di Sulteng dengan sasaran Gereja, Pusat Keramaian dan Aparat Keamanan.

Peningkatan aktivitas masyarakat pada akhir pekan yang memicu terjadinya keramaian dan kepadatan arus lalulintas di pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan wisata juga menjadi perhatian.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Rudi Sufahriadi membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Sigit Listyo Prabowo terkait Sinergitas dan Soliditas TNI dan Polri.

“Keberhasilan Pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh Personel Pengamanan agar senantiasa memperkuat Sinergitas dan Soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin dengan Sinergitas dan Soliditas yang baik, maka masyarakat dapat melaksanakan Ibadah Natal dengan Khidmat serta merayakan Tahun Baru dengan penuh suka cita,” tekan Irjen Pol Rudi Sufahriadi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Sigit Listyo Prabowo.

Terkait pengamanan Rumah Ibadah Natal, Kapolri meminta, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan Sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/AT. Adapun pengamanan Natal dapat melibatkan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan sebagai wujud toleransi beragama.

Sementara itu, Danrem 132/Tadulako menegaskan bahwa TNI siap membantu dan mendukung Polri dalam pengamanan Nataru.

“Kami sudah menyiapkan Personel TNI. Kami dari Korem dan Lanal sudah menyiapkan personel untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru. Dandim akan berkoordinasi dengan Kapolres, Danramil akan berkoordinasi dengan Kapolsek sampai ke jajaran terbawah. Jadi kami sudah siap mendukung dan membantu Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru ini,” tandas Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P, M.Si, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2022 itu.

Operasi Lilin Tinombala ini dimulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *