Danrem 132/Tdl Dampingi Kapolda Sulteng, Tinjau Pengamanan Gereja Jelang Jumat Agung

Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M. A mendampingi Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso SH  melakukan pengecekan pengamanan ke 4 Gereja yang ada di Kota Palu diantaranya Gereja Katolik Santo Paulus, Gereja Getsmani, Gereja Khatolik Santa Maria dan Gereja PID Jemaat Koinonia, Jumat (2/4) pagi. Hal ini tidak lain untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror pada peringatan wafat Isa Almasih atau Jumat Agung.

“Pagi ini saya dengan Kapolda Sulteng mengadakan pengecekan ke tempat-tempat ibadah, khususnya saudara-saudara kita umat kristiani, kita mengecek kesiapan anggota  kita antisipasi adanya kejadian yang lalu (serangan teror),” kata Danrem.

Danrem menyampaikan, peninjauan pengamanan ini merupakan protokol tetap (protap), setiap ada kegiatan keamanan. Karena TNI-Polri berjaga untuk memperketat keamanan.“Ini sudah protap ya, kalau ada kegiatan keagamaan TNI-Polri mengecek kesiapan secara materil dan personel TNI-Polri sudah siap,” ujar Danrem.

Brigjen Farid menyebut, bersama Kapolda akan meninjau tempat-tempat yang diantisipasi. Hal ini tidak lain untuk mencegah peristiwa teror seperti yang terjadi di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) dan di Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (31/3).

Dalam perayaan ibadah Paskah tahun 2021 ini Polda Sulteng membuat Posko Pengamanan di gereja – gereja dan menempatkan pengamanan per Koramil yaitu Danramil dan Babinsa yang bergabung bersama anggota Polsek/Polres dan Pol PP yg dibantu beberapa Ormas dalam Kegiatan pengamanan.

“Kesiapan pengamanan TNI -Polri untuk umat yang beribadah saat misa suci Paskah di gereja, Sebelum pelaksanaan perayaan ibadah Paskah tahun 2021 telah dilaksanakan sterilisasi gereja yang dilakukan oleh anggota Gegana dan Sat Sabhara Polres Palu.

“Masih dalam suasana Pandemi covid 19, personel TNI dan Polri bersinergi dalam mengamankan tempat-tempat ibadah yang ada di kota Palu dan juga memberikan himbauan protokol kesehatan agar tetap memakai masker, mencuci tangan, meghindari kerumunan dan menjaga jarak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso SH, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M. A, Dandim 1306/Dgl, Irwasda Polda Sulteng, Karo Ops Polda Sulteng, Ketua FKUB, Wali Kota Palu, Ketua MUI Kota Palu, Prof. Dr. Zainal Abidin, dan Kapolres Palu. (Penrem_132)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *