korem 132 tadulako

Karya Bakti TNI Korem 132/Tadulako di Manggalapi, Bangun 2 Jembatan dan Penerangan Listrik Tenaga Surya

Komandan Korem 132/Tadulako Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, M.A, membuka program Kegiatan Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial Korem 132/Tadulako tahun 2021 bertempat di lapangan Alun Alun Desa Sausu Trans, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Kamis, (30/9/2021).

Brigjen TNI Farid Makruf dalam sambutanya mengatakan bahwa tugas pokok TNI sesuai amanah UU TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap Bangsa Indonesia yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas terkait dengan OMSP tersebut adalah membantu tugas pemerintahan di daerah.

Olehnya, Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial yang dilaksanakan di Wilayah Korem 132/Tdl ini, merupakan salah satu implementasi dari UU tersebut, khususnya Bab IV Pasal 7, dengan tujuan untuk membantu pemerintahan daerah dalam rangka mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah.

“Dalam pelaksanaan Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial Korem 132/Tadulako yang akan kita laksanakan adalah pembuatan dua buah jembatan khusus Motor dan orang sebagai akses masyarakat Desa Salubanga yang berada di Dusun Manggalapi dan Dusun Tagara menuju Kecamatan Sausu Parigi Moutong,” kata Farid.

Dilanjutkannya, keberadaan jembatan ini sungguh sangat dinantikan oleh masyarakat yang ada di wilayah tersebut karena dinilai sangat penting dan strategis bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antara wilayah, tetapi juga memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan juga stabilitas pertahanan wilayah.

Selain dari itu dalam kegiatan ini, imbuh mantan Kepala Penerangan Kopassus ini, akan dilaksanakan juga pemasangan lampu tentara rakyat (LENTERA) di rumah warga sebanyak 57 Unit, pemasangan lampu jalan dengan colar cell sebanyak 20 unit, sunatan massal, pengobatan gratis kepada masyarakat, serta pendirian Posko Covid-19.

Diharapkan melalui kegiatan Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial Korem 132/Tdl ini akan tercipta kemanunggalan TNI dan Rakyat, yang didukung dengan sinergitas unsur TNI, Pemerintah Daerah dan unsur terkait lainnya, serta masyarakat di daerah.

Hal tersebut sesuai dengan tema Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial Korem 132/Tadulako Tahun 2021, yaitu: ”Melalui Kegiatan Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan yang Kokoh, serta Terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat”.  Ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Parigi Moutong yang diwakili Staf Ahli Mawardin, SS, M.Si menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengucapkan terima kasih atas terselenggarakannya kegiatan karya bhakti dan bakti sosial yang digelar oleh aparat TNI Angkatan Darat ini

“Masyarakat yang ada di Salubanga dan sekitarnya juga sangat terbantu, yang sekarang masyarakat merasakan kesulitan dalam mengakses jalur transportasi dengan adanya program pembangunan jembatan diharapkan akan lebih mudah,” kata Mawardin.

Dilanjutkannya lagi, “harapan setelah terbangunnya jembatan ini masyarakat setempat dapat menikmati transportasi yang mudah, mengingat akses tranportasi yang sangat sulit, maka dari itu sesuai amanat yang disampaikan oleh Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M.A bahwa akses akan di buka melalui program karya bakti TNI, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong juga akan menyampaikan informasi ini kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong serta aparat pemerintah Daerah setempat agar selalu mendukung pelaksanaan kegiatan karya bhakti dan baksos ini.”

Selanjutnya, Ibu Natari Warga Desa Salubanga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI Angkatan Darat yang melalui Korem 132/Tdl sudah memberikan bantuan melalui pembuatan jembatan di Desa Sausu Salubanga yaitu di dusun Tagara dan Manggalapi semoga dengan adanya pembangunan jembatan ini membuat Desa Sausu Salubangga mejadi lebih baik kedepannya, sehingga akses masyarakat untuk naik turun ke Manggalapi Sausu lebih mudah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Parimo, Ketua DPRD Parimo, Sekda Kab. Parimo, Kadis Sosial Kab. Parimo, Para Kasi Korem 132/Tdl, Dandim 1306/Kota Palu, Dandim 1307/Poso, Kapolres Parigi Moutong, Para Dan Kasatdisjan Korem 132/Tdl, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Dan Organisasi Kemasyarakatan. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *