Kasiren Korem 132/Tdl Ikuti Penyerahan Sertifikat Tanah dan Launching Sertifikat Tanah Elektronik Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo Secara Virtual

PALU – Danrem 132/Tdl, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han., yang diwakili Kasiren Korem 132/Tdl, Kolonel Inf Abi Kusnianto mengikuti Penyerahan Sertifikat Tanah dan Launching Sertifikat Tanah Elektronik oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo Secara Vitual, di Gedung Aula Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah. Senin (4/12/2023).

Penyerahan Sertifikat Tanah dan Launching Sertifikat Tanah Elektronik oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo didampingi Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto itu berlangsung di Istana Negara Jakarta, juga diikuti secara virtual di seluruh Provinsi wilayah Indonesia.

Presiden mengapresiasi atas kerja keras Kementerian ATR/BPN. Ia menyebut sampai hari ini sudah 109 juta sertifikat tanah yang diserahkan kepada Masyarakat.

“Saya lihat memang di kantor BPN sekarang kerjanya sampai malam terus ya. Memang harusnya seperti itu, dan hari ini kita luncurkan lagi yang namanya sertifikat tanah elektronik yang di tandai tadi sudah kita serahkan 2.550.8000 sertifikat tanah di seluruh Indonesia,”ucapnya.

Selain itu, pemerintah menargetkan penyerahan sertifikat tanah kepada Masyarakat pada tahun 2024 mencapai angka 120 juta sertifikat, dari total 126 juta sertifikat yang diserahkan.

Tak hanya itu, Presiden mengatakan bahwa kecepatan pengurusan sertifikat tanah yang demikian itu perlu terus didorong.

Sementara itu, untuk penyerahan sertifikat tanah PTSL pada Kantor Wilayah BPN Sulteng sebanyak 200 sertifikat terdiri dari tiga Kabupaten/Kota kantor pertanahan yakni Kantor Pertanahan Palu sebanyak 180 orang, Kantor Pertanahan Donggala 10 orang, dan Kantor Pertanahan Sigi 10 orang.

”Secara nasional Pak Presiden menginstrusikan penyerahan sertifikat sebanyak 2,5 juta khusus untuk sulawesi tengah, 13 kantor pertanahan kabupaten/kota yang ada dilingkungan kantor wilayah BPN Provinsi Sulawesi tengah siap menyerahkan sertifikat sebanyak ± 19.000 dari target SHAT sebanyak 37.300, penyerahan sertifikat tersebut akan diserahkan secara bertahap di mulai hari ini sampai seterusnya,”kata Kepala Kantor Wilayah BPN Prov. Sulteng, Freddy A. Kolintama, S.T., M.Si. (Penrem-132).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *