korem 132 tadulako

Kasrem 132/Tdl, Menghadiri Acara Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKB Prov. Sulteng

Kepala Staf Korem 132/Tdl Kolonel Inf Dwi Suharjo mewakili Komandan Korem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M A menghadiri Undangan Dalam Rangka Acara Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Evenri Sihombing, S.E., M.Si., bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng Jl. Samratulagi No. 101 Kota Palu. Kamis (19/8/2021)

Dalam sambutan Deputi Kepala BPKP RI Bidang Investigasi Agustina Arumsari, Ak., M.H., menyampaikan  kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah selain itu pada tahun 2021 setiap pemerintah daerah diharapkan dapat memperoleh opini WTP dari BPK capaian opini untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah tahun anggaran 2019 setelah seluruhnya WTP namun berdasarkan pemeriksaan BPK tahun buku 2020 terdapat satu Pemerintah Kabupaten yang hobinya tidak WTP maturitas penyelenggaraan SPIP untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah sampai dengan bulan Juni 2021 sebanyak 8 dari 14 perintah daerah atau 57,4% telah berada pada level 3 sedangkan sisanya 6 Pemda baru mencapai level 2 kapabilitas Apip untuk wilayah Sulawesi Tengah sampai jam 11 aktif atau 78,58% masih berada pada level 2 tentunya hal ini masih perlu ditingkatkan pembinaannya Bapak Gubernur.

Lanjut,  BPKB sesuai dengan amanah yang diemban berdasarkan Peraturan Presiden nomor 192 tahun 2008 14 dan Inpres nomor 9 tahun 2014 telah sedang dan akan terus melakukan langkah-langkah nyata dalam mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan nasional termasuk juga Pembangunan Daerah untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat dalam melakukan pengawasan tersebut arah kebijakan pengawasan BPKP berfokus pada pengawalan pembangunan nasional dan perbaikan government system.

Selain itu ke TKP juga membantu penerapan pengelolaan keuangan berbasis aplikasi yang terintegrasi titik nol Sulawesi Tengah seluruh desa telah mengimplementasikan Judul teks tersebut atau mencapai 100% yaitu sebanyak 1842 Desa dalam pengelolaan dana desa sedangkan untuk mendukung akuntabilitas keuangan daerah BPKB juga telah membantu implementasi simda keuangan daerah di 14 Pemerintah Daerah atau 100% dengan mengimplementasikan good governance di antaranya STIP elektronik financial system tersebut secara konsisten kami mengharapkan pemerintah daerah di provinsi Sulawesi Tengah dapat mengembangkan keunggulan secara berkelanjutan dan dapat responsif terhadap resiko dan ancaman yang dapat berdampak bagi pemerintah dan masyarakat.

Mengakhiri sambutan ini, kami mengucapkan selamat bertugas kepada saudara Effendi Sihombing selaku kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang baru segera melakukan koordinasi dan Sinergi dengan Bapak Gubernur kepala perwakilan BPK aparat penegak hukum Bupati Walikota instansi vertikal dan seluruh perangkat daerah di wilayah provinsi Sulawesi Tengah Semoga Tuhan senantiasa melindungi dan melimpahkan

rahmatnya bagi kita semua dalam melaksanakan amanah dan tugas kita adalah satu hati.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah Bpk. Rusdy Mastura mengatakan Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kuasa dalam perlindungan dan pengawasannya sehingga kita dapat melaksanakan acara pengukuhan kepala perwakilan badan pengawasan keuangan dan pembangunan BPKP provinsi yang baru dalam keadaan sehat walafiat.

Saya selaku Pimpinan Daerah mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Bapak Evenri Sihombing, S.E., M.Si., sebagai kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan masukan-masukan demi terjaganya tata kelola keuangan yang yang mungkin salah satu tugas kepada kepala BPKP yang yang baru dan jajarannya untuk membantu mengulang kembali capaian pemerintah daerah pada tahun 2019 yaitu semua mampu meraih opini WTP pada tahun buku PT pada pemeriksaan laporan keuangan tahun buku 2021.

Untuk itu saya berharap saudara dapat segera beradaptasi dengan lingkungannya dan melakukan upaya untuk mendukung visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera. Saya seorang politisi yang berani mengambil kebijakan-kebijakan untuk kepentingan kepentingan masyarakat dimasa pandemi covid 19 ini BPKB saya lihat masih sangat dibutuhkan untuk mencegah potensi penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran dalam pelaksanaan program kegiatan penanganan korupsi bagi kesehatan sosial ekonomi dan lain-lain.

kepada pejabat lama kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas sinergitas dan kontribusinya selama ini kepada Sulawesi Tengah dan semoga dapat lebih sukses lagi dalam mengemban amanah jabatan yang baru sebagai kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara jabatan Bapak Effendi Sihombing dan terimakasih serta pengabdian pejabat lama Bapak Dani Ganteng.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Hadir dalam Pengukuhan Sertijab Kepala Perwakilan BPKP, Bapak H. Rusdy Mastura (Gubernur Sulawesi Tengah), Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Deputi Kepala BPKP RI Bidang Investigasi Ibu Agustina Arumsari AK. MH, Cfe, CfrA, CA, QIA CGCAE, Kapolda Sulteng di Wakili Dir Reskrimsus Kombes Pol Afrijal, Danrem 132/Tad di Wakili Kasrem Kolonel Inf Dwi Suharjo, Danlanal Palu di Wakili Palaksa Letkol Laut (PM) Priyo Yudono, S.H., M.M., Kajati Sulawesi Tengah, Kepala Pengadilan Tinggi Sulteng, Pj. Sekda, Wali Kota Palu, Bupati Donggala, Bupati Poso, Bupati Sigi, dan Bupati Parigi Moutong. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *