Korem 132/Tadulako lakukan Survey Internal atas Kepuasan Masyarakat (SKM)

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini adalah Korem 132/Tadulako yang juga menyelenggarakan Pelayanan khususnya Bidang Fungsi Pertahanan. Adapun Tujuan diadakannya pengukuran kepuasan adalah untuk mendapatkan umpan-balik atas kualitas pelayanan yang telah dilakukan penyelenggara pelayanan. Melalui survei kepuasan, masyarakat didorong untuk memberikan partisipasi sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan agar terjadi peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan atas masalah yang disampaikan masyarakat dan konsumen saat survei kepuasan.

Dalam konteks pelayanan publik, pengukuran kepuasan masyarakat telah dimandatkan kepada penyelenggara pelayanan publik melalui Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik bahwa penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem yang adil, transparan dan akuntabel. Survei kepuasan diatur secara teknis pelaksanaan survei tersebut ke dalam Peraturan Menteri PAN-RB No. 16/2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Permenpan-RB No. 16/2014 kemudian disempurnakan melalui Permenpan-RB No. 14/2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit kerja Penyelenggara Pelayanan Publik.

Pelaksanaan survei dilakukan secara online dengan responden di seluruh Wilayah Provinsi Sulteng selama 5 hari mulai tanggal 21 Maret 2021 dan selesai pada 25 Maret 2021, dengan tanggapan yang masuk mencapai 3.646 responden. Dari jumllah respoden yang mauk, 49,6% adalah perempuan dan sisanya 50,4% adalah laki-laki. Jika ditinjau dari katagori pendidikan, responden didominasi dengan tingkat pendidikan SMA sebesar 57,4%, disusul Sarjana 25,9%, Diploma 7,7%, Pendidikan lainnya 6,9% dan terakhir Pasca Sarjana sebesar 2,1%. Sementara jika dilihat dari aspek pekerjaan responden, Pelajar/Mahasiwa adalah mayoritas dengang jumlah 25,9%, kemudian PNS/TNI/Pollrii sebanyak 21,9%, Tidak Bekerja sebanyak 12,7%, Pekerjaan lainnya 16,3%, Wiraswasta/Usahawan sebesar 11,7% dan terakhir Pegawai Swasta sebanyak 11,5%.

Berdasarkan hasil analisa pada hasil pengukuran terhadap Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Korem 132/Tadulako dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum kualitas unsur pelayanan publik dipersepsikan Sangat Baik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat 84,432 . Nilai indeks dari 9 unsur sebagai berikut: Persyaratan pelayanan 81,853, Prosedur pelayanan : 81,219, Waktu pelayanan: 81,137, Biaya/tarif: 94,035, Kompetensi pelaksana : 85,203, Perilaku pelaksana: 85,513, Sarana dan prasarana : 81,785, Pengaduan saran dan masukan : 85,854, dan Produk spesifikasi dan jenis pelayanan : 83,292.

Angka tersebut menunjukkan penerima pelayanan Korem 132/Tadulako Sangat Puas atas pelayanan yang diberikan. Dokumen laporan hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayananan yang dilakukan oleh Korem 132/Tadulako pada tahun 2021 dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *