Korem 132/Tdl Menggelar Upacara Pelepasan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Toto Nurwanto S.I.P., M.Si, diwakili Wakil Bupati Kab. Tojo Una-una Bapak Ilham Lawidu S.H selaku Pimpinan Upacara Pelepasan dan Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilaksanakan di lapangan Desa Kab.Tojo Una-una. Minggu(18/12/2022)

Danrem 132/Tdl dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kab Tojo Una Una menyampaiakan, Pelaksanaan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang kita selenggarakan setiap menjelang Hari Infanteri ini, bertujuan untuk memelihara dan menumbuhkan kesadaran serta kebanggaan terhadap Korps Infanteri guna memelihara kemampuan mobilitas jalan kaki sebagai ciri khas bagi prajurit Infanteri. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghayati dan memelihara nilai-nilai kejuangan serta meningkatkan kerjasama prajurit Infanteri dengan rakyat, guna menciptakan suatu kondisi kehidupan yang harmonis sebagai cerminan rasa persatuan dan kesatuan yang didukung oleh semangat jiwa kejuangan yang tinggi”,terangnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan soliditas dikalangan prajurit, baik sesama prajurit Infanteri maupun dengan prajurit kecabangan lainnya, makna penting lainnya yang dapat kita petik dari kegiatan peleton beranting ini adalah, untuk membangkitkan semangat juang, menumbuhkan sikap patriotisme dan meneguhkan tekad prajurit Korps Infanteri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah direbut para pendahulu kita dari tangan penjajah, di bawah kepemimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman. 

Oleh karena itu, “Hendaknya kita jadikan sebagaiĀ  momentum untuk mewarisi nilai-nilai semangat perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang memiliki sikap dan sifat keteladanan sebagai pemimpin yang rela berkorban, berjuang tanpa pamrih, selalu konsisten antara ucapan dan tindakan serta senantiasa dekat dengan rakyat”.

Tradisi berjalan kaki bagi prajurit Infanteri ini, berlatar belakang dari peristiwa Ambarawa yang terjadi pada beberapa puluh tahun yang lampau yang dikenal dengan istilah Palagan Ambarawa, dimana pada waktu itu, pasukan Jalan Kaki yakni Tentara Keamanan Rakyat, bersama-sama dengan rakyat yang bermodalkan tekad, semangat, senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana, telah berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang melawan Sekutu. 

Dalam perjalanan sejarah tersebut, telah terbukti bahwa keseluruhan daya tempur yang bersifat kejiwaan yang lahir melalui Palagan Ambarawa, telah membentuk watak, sikap dan kepribadian serta sumber kekuatan prajurit-prajurit Infanteri     yang maha dahsyat.  Nilai dan daya tempur yang bersifat non fisik inilah yang harus tetap kita lestarikan bahkan harus kita tumbuh kembangkan dalam setiap pelaksanaan tuga, Sebagai wujud dari penghayatan nilai-nilai semangat juang dan patriotisme tersebut, maka saya mengharapkan kepada para peserta Peleton Beranting, agar melaksanakan kegiatan ini dengan penuh kesungguhan serta dilandasi dengan semangat juang yang tinggi. 

Mengingat jarak yang akan ditempuh cukup jauh yaitu + 67 Km dengan 5 Etape, termasuk beberapa rute yang akan di lintasi melalui jalan raya, maka saya harapkan kepada para peserta agar dapat memelihara kekompakan, tata tertib dan keamanan selama perjalanan.Perhatikan faktor keamanan personel dan materiil serta hindarkan hal-hal yang dapat merusak nama baik TNI di tengah -tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, “Saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una yang telah menyiapkan fasilitas tempat untuk pelaksanaan upacara pemberangkatan peserta Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2022 ini”, Tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan bhakti sosial (Baksos) yang dilaksanakan Dandim 1307/Poso Letkol Inf Hasroel didampingi oleh Bapak Ilham Lawidu S.H menyerahkan berupa Bantuan sembako kepada masyarakat Kab. Tojo Una-Una.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 1307/Poso Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H, Kaajen Rem 132/Tdl, Letkol Caj Drs Arjen Frangky Kilis M.M, Danyonif 714/SM Letkol Inf Awaloedin, Dandenkesyah Palu Letkol Ckm Teguh, Dandenzibang XIII/2 Palu Letkol Czi Andi Emil Syah, Dandenpal Palu Letkol Cpl Arianto, Para Danramil jajaran Kodim 1307/Poso dan Peserta Upacara lainnya.(Penrem_132/Tdl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *