Korem 132/Tdl Peringati Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 Tahun 2023 Gelar Karya Bakti Tanam Pohon Mangrove

Palu – Dalam rangka jelang momen peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 Tahun 2023, Korem 132/Tdl melaksanakan kegiatan karya bakti dengan melakukan penanaman pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kabonga Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Kamis (14/12/2023).

Karya bakti dalam rangka memperingati Hari juang kartika TNI-AD Ke-78 ini mengangkat tema “TNI AD BERSAMA RAKYAT BERSATU DENGAN ALAM UNTUK NKRI”.

Kegiatan karya bakti ini melibatkan TNI- POLRI, Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala , BODAS Sulteng , Persit dan Mahasiswa Universitas Tadulako serta masyarakat setempat.

Pada sambutan Danrem 132/Tdl yang dibacakan Kasiter Kasrem 132/Tdl Kolonel Fifin Zudi Syaifuddin, S. Pd., mengatakan “Seperti yang kita ketahui, hutan mangrove memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Mangrove tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna yang ada, tetapi juga melindungi wilayah pesisir dari dampak kerusakan akibat angin kencang, gelombang pasang dan abrasi pantai. Oleh karena itu, upaya kita dalam penanaman mangrove hari ini memiliki dampak jangka panjang yang sangat positif bagi lingkungan kita.

Kegiatan penanaman mangrove bukan hanya sekedar menanam pohon, tetapi juga merupakan simbol komitmen kita untuk menjaga ekositem pesisir yang sehat.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap kita semua bisa lebih menyadari pentingnya menjaga dan memulihkan ekositem. Mari kita jadikan penanaman mangrove ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya pelestarian lingkungan bagi generasi masa depan.”.Pungkas Kasiter

Sementara itu, Bupati Donggala yang diwakili Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir.H.Sofyan Dg. Malaba M.Si., mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Donggala saya selaku yang mewakili Bupati Donggala mengucapkan Terima kasih kepada Korem 132/Tdl karena menurut ingatan saya kegiatan penanaman Mangrove ini sudah kesekian kalinya dilakukan di wilayah Kab.Donggala, kami selaku pemerintah Kabupaten Donggala sangat mengapresiasi kegiatan yang baik ini untuk menjaga wilayah pinggir pantai khususnya di Kecamatan Banawa.

“Sebagian besar wilayah Kab.Donggala merupakan pesisir pantai dan sering mengalami abrasi dan banjir Rob, dengan adanya kegiatan yang baik seperti ini, dapat melakuakan pencegahan jangka panjang. terima kasih kepada Bapak Danrem 132/Tdl selaku inisiator dalam kegiatan penanaman Pohon Mangrove di Kecamatan Banawa”.Tutupnya Ir.H.Sofyan

Kegiatan penanaman pohon ini digelar secara serentak seluruh Indonesia dalam rangka Hari Juang TNI AD yang ke-78 Tahun 2023

Turut Hadir Para Kasi Kasrem 132/Tdl, Dandim 1306/KP diwakili Pasiter Dim 1306/KP, Kapolres Donggala diwakili Wakapolres Donggala, Ketua DPRD Donggala diwakili oleh anggota DPRD, Kadis Pertanian dan Peternakan Kab. Donggala, BPDAS, Dekan Fak Pertanian Untad, KA BPBD Donggala, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 132 Serta Unsur Forkopimda Kabupaten Donggala.(Penrem_132).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *