korem 132 tadulako

Linmas Taunca Dilatih PBB dan Diberikan Pembinaan Wawasan Kebangsaan

Poso – Anggota Satuan Tugas Operasi Teritorial TNI Sersan Dua Muhammad Syahfri melakukan pembinan berupa pelatihan baris berbaris dan wawasan kebangsaan kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Pertahanan Sipil di Desa Taunca, Kecamatan Poso Pesisir. Pelatihan itu digelar di Kantor Kepala Desa Taunca, Sabtu (22/05/21).

Linmas atau Hansip adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Anggota Linmas adalah Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan perlindungan masyarakat.

Serda Syafri menyampaikan melalui pengetahuan wawasan kebangsaan anggota Linmas akan belajar bagaimana tata cara hidup berbangsa dan bernegara dengan benar.

“Kita selenggarakan pelatihan Baris Berbaris ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas. Linmas adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas Syafri.

Marsen, salah seorang anggota Linmas menyatakan terima kasihnya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Dia berharap hal ini dapat meningkatkan kemampuan anggota Linmas dalam mengamankan wilayah Desa Taunca.

“Saya berharap pelatihan seperti ini bisa rutin dilaksanakan agar kami semua bisa mengamankan situasi di desa kami dengan lebih profesional dan sesuai prosedur yang ada. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak anggota satgas opster TNI yang mau datang untuk memberikan pelatihan kepada kami,” tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama. Pelaksanaan pelatihan ini mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dan dalam pelaksanaan pelatihan berjalan dengan aman dan lancar. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *