korem 132 tadulako

Pelaksanaan Penetapan Purna Paskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulteng Tahun 2021

Pasi Ops Korem 132/Tadulako Mayor Inf Asrar Zeez mewakili Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf. M.A menghadiri acara Pelaksanaan Penetapan Purna Paskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulawesi Tengah Tahun 2021 serta Puncak Acara Hari Sumpah Pemuda Ke 93 Tahun “Bersatu Bangkit dan Timbuh”. Bertempat di Aula Pogombo Kantor Gubernur Sulteng Jl. Samratulangi Kelurahan Besusu Barat, Kec. Palu timur Kota Palu. Kamis (28/10/2021)

Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulawesi Tengah ditetapkan sebagai Duta Pancasila tahun 2021. Hasan Pattongai Ketua Bapper Perda mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila melalui program Paskibraka.

“Purna Paskibraka Duta Pancasila diharapkan dapat menjadi teladan dan memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila serta tangguh dalam mempertahankan ideologi Pancasila,” kata Hasan dalam acara Paskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulawesi Tengah Tahun 2021 dilakukan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Sehingga tugas penting seorang Purna Paskibraka Duta Pancasila adalah menjadi teladan dalam pengarus keutamaan nilai-nilai Pancasila di masyarakat,” tambahnya.

Hasan menyampaikan, menjadi Duta Pancasila merupakan tugas yang mulia bagi para purna Paskibraka. Menurut dia, untuk menjalankan tugas itu dapat dilaksanakan dengan hal-hal sederhana, mulai dari diri sendiri, seperti menghidupkan ruang digital dengan konten-konten positif yang berisi ajakan kebaikan, penghargaan terhadap keberagaman, memiliki kesadaran membela bangsa dan negara dari berbagai macam ancaman, serta memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Selamat bertugas kepada adik-adik sebagai Duta Pancasila. Teguhkan Sang Saka Merah Putih yang berkibar di seluruh Indonesia. Tetap semangat, tetap optimis, dan selalu jalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Mamun Amir Wakil Gubernur sulteng mewakili Gubernur Sulteng dalam sambutannya  menyampaikan, apresiasi kepada BPIP RI dengan memberikan kepercayaan kepada Provinsi Sulawesi Tengah sebagai provinsi pertama yang melaksanakan penetapan Duta Pancasila Kemudian  saya ucapkan terima kasih untuk penghargaan BPIP RI dari aktualisasi yang dilakukan ternyata Sulawesi Tengah mendapat peringkat nomor 3 di seluruh Indonesia. para Paskibraka itu adalah kader-kader yang telah melewati proses seleksi secara bertahap. Sehingga kualitasnya pun tidak perlu diragukan.

“Paskibraka juga merupakan wadah pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang mengamalkan dan menegakkan nilai-nilai Pancasila dalam wadah NKRI,” tutur dia.

Mamun mengungkapkan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus menjadi panduan serta insipirasi bagi seluruh anak bangsa untuk berkarya. Adapun, kata dia, pembinaan ideologi Pancasila untuk Paskibraka dilaksanakan mulai dari tahapan seleksi dan rekruitmen ke-Pancasila-an.

Setelah itu, purna Paskibraka Duta Pancasila akan mendapat pembinaan lanjutan dari BPIP dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia yang dibentuk dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota.

Dia berharap, dengan dilantiknya para Purna Paskibraka Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulteng ini sebagai Duta Pancasila nantinya bisa menjadi motivator bagi anak-anak muda lainnya. Termasuk dalam berbagi pengalaman, mendorong prestasi, membentuk kesadaran akan nilai-nilai persatuan dan tergerak untuk merajut simpul-simpul persatuan, menjadi pelopor perubahan dan kemajuan yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara.

“Saya yakin dan percaya dengan dilantiknya Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila dapat memberikan sumbangsih bagi keutuhan dan kemajuan bangsa, khusunsnya Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya.

Selain itu, dia menambahkan, pemerintah secara konsisten terus berupaya memperkuat nilai-nilai Pancasila agar Pancasila tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa dan menjaga keutuhan NKRI. Ia menyebut, Paskibraka yang bertugas sebelum tahun 2021 juga secara bertahap akan mengikuti pembinaan ideologi Pancasila, dan yang telah memenuhi persyaratan akan ditetapkan menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  H. Mamun Amir ( Wakil Gubernur sulteng ), Mayor Inf. Asrar Zeez ( Pasi Ops Korem 132 Tdl ), Letkol Laut (PM) Priyo Yudono.S.H. M.H ( Pa Laksa Lanal Palu ), Kombes Pol Suprayetno (Dir Pam Ovit Polda Sulteng ), Moh. Akbar Yahya S.H. M.H ( Kordinator Pidana Khusus ), Hasan Pattongai ( Ketua Bapper Perda / Mewakili ), Abbas S.H. M.H ( Kepala Biro Pengawasan internal / BPIP ), Riswan .S.Stp.M.Si ( Ka sub.Direktorat Pengendalian II / BPIP ), Agus Salim ( Kabag Pengawasan Keuangan / BPIP ), Drs. Irvan Aryanto. M.Si ( Kadis Pora Sulteng ), Rachmad Syahrullah ( PLT Ketua Purna Paskibraka Indonesia Sulteng ), Firgiawan Syahputra ( Ketua Bidang Pelatihan Purna Paskibraka Indonesia Sulteng ) dan Para peserta Purna Paskibraka.

Tak lupa, dilakukan penyematan pin oleh H. Mamun Amir Wakil Gubernur sulteng  kepada anggota Purna Paskibraka yang telah dikukuhkan menjadi Duta Pancasila dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat.  (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *