Pendidikan Bela Negara dan Literasi Pancasila Dalam Mewujudkan Ketahanan Nasional

Kepala Seksi Teritorial (Kasi Ter) Korem 132 Tadulako Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si. mewakili Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M. A menjadi pemateri dalam Kegiatan Kuliah Tamu Seri 1 Program Studi PPKN dengan tema “Pendidikan Bela Negara dan Literasi Pancasila dalam mewujudkan Ketahanan Nasional”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Media Center, Lt. 2 Universitas Tadulako Jl. Soekarno Hatta No. 9 Kota Palu, Selasa (30/3/21)

Kegiatan kuliah tamu seri 1 program studi PPKN dilaksankan pada pukul 9.00 sampai dengan 12.00 Wita. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Iskandar, M.Hum (Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan Untad), Hasdin, S.Pd., M. Pd ( Koordinator Prodi PPKN), Shofia Nurun Alanur S, S.Pd., M.Pd. ( Ketua Panitia ), Peserta Dosen dan Guru PPKN serta mahasiswa Untad secara ofline 50 orang dan +- 150 secara online.

Dalam kuliah tamu tersebut Kasiter menjelaskan tentang Nilai-nilai Bela Negara sebagai dasar Mahasiswa yang harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya Pentingnya cinta tanah air, Kesadaran Berbangsa dan bernegara, Setia Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara dan Memiliki kemampuan awal (mental&fisik) bela negara.

Kasi Teritorial dalam kesimpulannya menyampaikan, pendidikan bela negara dan pemahaman Pancasila harus diterapankan dalam kehidupan sehari-hari serta di sosialisasikan agar dapat dipahami semua kalangan, sehingga mampu meningkatkan ketahanan Nasional sesuai dengan ideologi Pancasila.

Kolonel Rahman juga memberikan Penjelasan tentang butiran nilai Pancasila yng harus difahami dari sila pertama sampai sila ke lima yang merupakan tujuan bangsa Indonesia. Jadi Mahasiswa sebagai generasi muda merupakan kader pemimpin dimasa depan, untuk itu harus bisa menjadi tauladan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan kuliah tamu seri 1 program studi PPKN dilaksanakan sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, sebelum memasuki ruangan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.(PENREM_132)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *