Resmi Dibuka. Danrem 132/Tdl Hadiri Festival Danau Poso Tahun 2022

Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 132 PD XIII/Merdeka Ny. Ros Toto Nurwanto turut hadir dalam acara pembukaan Festival Danau Poso (FDP) yang diselenggarakan di Anjungan Danau Poso, Jalan Torulemba, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Kamis (21/10/2022).

Sebagai sarana pariwisata di Kabupaten Poso. Dalam beberapa tahun belakangan, festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal milik tanah Poso. Selain itu, kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa tanah Poso adalah tempat yang damai, aman dan nyaman untuk didatangi.

Dalam kegiatan Festival Danau Poso tersebut, dr. Verna Inkeriwang selaku Bupati Poso menerangkan, “Bahwa festival danau poso ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989 dan sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Dunia, akan tetapi hari ini kita bisa kembali melaksanakan kembali Festival Danau Poso dan kiranya dengan adanya kegiatan Festival Danau Poso ini dapat meningkatkan destinasi wisata bagi para turis asing dan juga masyarakat Indonesia untuk berwisata di Kabupaten Poso dan juga dapat menarik para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Poso dibidang pariwisata”, Tandasnya.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura juga menambahkan dalam sambutannya juga, dalam keindahan alamnya yang eksotis dan megah, diantaranya danau poso, sebuah danau yang terbentuk dari aktivitas tektonik dan menjadi danau terdalalm ke-3 di Indonesia dengan memiliki panjang 32 Km dan lebar 16 Km.

Selain Itu, “Tidak jauh dari danau poso juga terdapat situs megalith yang merupakan peninggalan zaman prasejarah yang tersebar di sepanjang lereng gunung dan perbukitan ditengah padang rumput di lembah napu, lembah behoa dan lembah bada”.

“Dari warisan zaman megalith inilah kami membranding destinasi wisata poso dengan julukan “Poso Negeri Seribu Megalith”. Imbuhnya.

Saya berharap, “Marilah sama-sama kita mendukung kegiatan Festival Danau Poso ini dengan tema “Pesona Megah Sulawesi tengah” dengan pengenalan pariwisata dan kuliner serta budaya dan penampilan kolaborasi musik lokal dan tarian daerah sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Poso,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalimantan Utara Bapak Zaenal Arifin, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Danlanal Palu Kolonel Laut (P) M. Catur Soelistyono, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Nilam Sari Lawira, Kajati Sulteng Agus, S.H., MH, dan Para tamu undangan.(Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *