SEMANGAT GOTONG ROYONG WUJUDKAN KAMPUNG TANGGUH

Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M. A bersama Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rahman Baso. SH Melauching Kampung Tangguh Nusantara di Jl. Dayo Dara Kelurhan Talise Valangguni Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (25/2/21)

Dalam sambutan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid makruf, M. A menyampaikan Kampung Tangguh Nusantara adalah program TNI-Polri untuk mengendalikan penyebaran Virus Covid-19 dilingkungan perumahan padat penduduk dan penguatan ekonomi rakyat akibat pandemi Covid-19, Hal ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo.

TNI-Polri terus berinovasi dalam memutus mata rantai penyebab Covid-19 di Indonesia termasuk di Provinsi Sulawesi Tengah, diantaranya dengan membentuk sejumlah kampung  sehat atau kampung tangguh nusantara di daerah-daerah dengan melibatkan Stakeholder, Termasuk masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam inovasi ini.

Pendirian Kampung Tangguh diprioritaskan di Kelurahan, Desa atau kampung yang angka penyebaran Covid-19 baik pasien positif, maupun PDP (pasien dalam pengawasan) dan ODP (orang dalam pemantauan) yang masih cukup tinggi. Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rahman Baso. SH juga menyampaikan dengan kehadiran kampung tangguh diharapkan jadi wujud gotong-royong masyarakat untuk saling bantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu kepada warga masyarakat agar saling mengingatkan tentang bahaya Covid-19. Upaya pencegahan harus dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat yaitu, 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan interaksi). Sehingga ketika ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, atau terdampak social ekomi, warga melakukan langkah-langkah bersama-sama dengan dukungan pemerintah dan TNI-Polri. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako oleh Danrem 132/Tadulako dan Kapolda Sulteng kepada masyarakat setempat. Ucap Kapolda.

Launching kampung tangguh ini dihadiri oleh Plh. Walikota Palu Asri, S.H., Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Heri Banmbang Wahyudi, S.I.P., Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, S.H., M.M., Camat Mantikulore Dwi Yanoeardi. L.S.LTP., Danramil Palu Timur dan Palu Selatan Kapten Inf  Moh.Rizal., Lurah talise Valangguni Hasan Hamid, S.Sos., dan Masyarakat Kecamatan Mantikulore. (Penrem_132)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *