korem 132 tadulako

Sosialisasi Vaksinasi Covid-19, Cara Korem Menepis Isu Menyesatkan

Puluhan prajurit Korem 132/Tadulako mengikuti Sosialisasi vaksinasi Covid-19, bertempat di Aula Manggala Sakti Korem 132/Tadulako, Rabu (03/1/2021) pagi.

Sosialisasi vaksinasi COVID-19 ini disampaikan oleh Dr. Victor william Kalaen kepada prajurit jajaran Korem 132/Tadulako.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Detasemen Kesehatan 13.04.03 Palu, Letkol CKM Drs. Priyarjo mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan kepada para prajurit. Kecuali itu, sekaligus menepis isu-isu menyesatkan yang beredar selama ini.

Selain itu, Dandenkesyah menerangkan, tentang manfaat vaksin, diantaranya adalah membentuk antibodi COVID-19 dalam tubuh, yang diperlukan untuk melawan virus COVID 19.

“Pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak 2 kali, pertama 0,5 dosis, untuk membentuk antibodi, kemudian pada 14 hari sesudahnya disuntikkan vaksin kedua, sehingga antibodi tubuh akan sempurna.

Lanjut, mekanisme pemberian vaksin juga dijelaskan tentang urutannya supaya para prajurit sebelum divaksi nanti sudah mengetahui tentang urutannya, mulai dari pendaftaran di meja satu, pemeriksaan tingkat lanjutan di meja ke dua untuk menanyakan riwayat penyakit, seperti jantung, hipertensi dan lain sebagainya. Kemudian di meja ketiga yaitu penyuntikan, apabila telah melalui meja pertama dan kedua. Selanjutnya meja ke empat, sebagai meja observasi selama 30 menit.

Apakah mengalami gangguan seperti pusing atau jatuh, yang biasa dikenal dengan istilah KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi), akan dilakukan penanganan saat itu juga sehingga tidak terjadi yang tidak diinginkan. Jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran dan penularan covid-19 seperti cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *