Korem 132 Tadulako

Korem 132/Tdl, Melaksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah Di Kabupaten Poso

Dalam rangka memupuk rasa kekeluargaan yang kokoh Korem 132/Tadulako Menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Bersama Aparat Pemerintah Kabupaten Poso, bertempat di Gedung Pertemuan Desa Lape Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Rabu (9/6/2021)

Kegiatan Komsos dengan Aparat Pemerintahan yang dilaksanakan Korem 132/Tdl, merupakan Program Kerja di Bidang Teritorial yang rutin di laksanakan dengan mengusung tema “Sinergitas Aparat Pemerintah Membangun Imunitas Bangsa Untuk NKRI” Dengan Tujuan Memelihara Dan Menguatkan Sinergitas Antara Korem 132/Tdl Dengan APPEM (Aparat Pemerintah) Dan Komponen Bangsa.

Dalam Amanatnya Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M A yang disampaikan oleh Kasiter Kasrem 132/Tdl Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si mengatakan, Penyelenggaraan kegiatan Komsos dengan Appem ini adalah salah satu metode Binter yang merupakan siap melanjutkan perjuangan yang telah di cita-citakan demi tegaknya NKRI.

Komunikasi sosial merupakan media yang sangat efektif dalam rangka membangun sinergitas baik antar individu maupun antar instansi. Kita perlu menyadari bahwa segala bentuk pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah harus dilaksanakan dengan sinergi yang baik dalam lingkup sektoral maupun lintas sektoral. Kegiatan komunikasi sosial yang kita laksanakan pada hari ini disamping untuk bersilahturahmi juga dalam rangka untuk saling bertukar informasi antara Korem 132/Tdl dengan aparat pemerintah. Ujarnya

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini, antara lain terjalinnya kerjasama yang semakin erat antara Korem 132/Tdl dengan aparat pemerintah di Daerah dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD tahun 2021 di bidang teritorial. Tercapainya pemahaman aparat pemerintah tentang nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara. Tercapainya pemahaman aparat pemerintah tentang wawasan kebangsaan guna menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya untuk tercapainya tugas pokok TNI AD.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Poso dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Poso Bpk. Yan Guluda. SH.M menyampaikan terima kasih kepada Korem 132/Tdl yang telah melaksanakan kegiatan ini karena baru pertama kali kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Poso.

Lanjut, aparat pemerintah dan komponen masyarakat lainnya harus tetap dijaga kesinambungannya yang selama ini sudah berjalan baik. Komsos dapat digunakan sebagai sarana bertukar informasi dan bersilaturahmi yang banyak memberikan manfaat. Ucapnya

kegiatan ini dapat memberikan gambaran dan langkah-langkah dari aparat keamanan seperti TNI-Polri terutama dalam mengantisipasi paham-paham radikal yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Termasuk juga bagaimana antisipasi terhadap terorisme serta sikap-sikap intoleransi yang mungkin saja muncul di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu kegiatan Komsos yang dilakukan Korem 132/Tadulako sangat bermanfaat dalam menambah informasi dan wawasan kita terkait kondisi terkini yang dihadapi Bangsa Indonesia.

Pada kesempatan ini peserta juga mendapatkan pembekalan materi tentang Pancasila Sebagai Falsafah Bangsa dan Ideologi Negara yang disampaikan oleh Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si.

Beberapa peserta memberikan tanggapan pada saat sesi tanya jawab yang mengapresiasi kegiatan Komsos dengan aparat pemerintah yang diselenggarakan Korem 132/Tdl.

Selanjutnya, Kadiskes Kabupaten Poso dr. Napuleon Taufan Namwir juga mensosialisasikan tentang Protokol Kesehatan Covid-19.

Terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19, Pemerintah Provinsi Kabupaten Poso terus melakukan sosialisasi 3M dan 3T. Istilah 3M merupakan protokol kesehatan yang perlu dilakukan setiap individu agar tidak tertular covid-19, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Di sisi lain, untuk mengidentifikasi warga yang terpapar covid-19, pemerintah mengistilahkan upaya 3T, yakni testing(pemeriksaan), tracing (penelusuran kontak), dan treatment (perawatan/isolasi).

Sesuai informasi dari WHO dan Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa covid-19 menyebar secara cepat melalui percikan droplet baik saat bersin/batuk maupun saat berbicara.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M A yang diwakili Kasiter Kasrem 132/Tdl, Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si, Sekda Kab. Poso Bpk. Yan Guluda. SH.M, Wakil Ketua DPRD Kab. Poso Bpk. Romy S. Alimi, Kajari yang diwakili Kasiintel M Farhan, SH dan tamu undangan lainnya. (Penrem_132)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *