korem 132 tadulako

Dinas Perikanan Dan Kelautan Bersama TMMD Berikan Penyuluhan Kepada Tiga Desa

Tim penyuluh dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Morowali bekerja sama dengan satgas TMMD melaksanakan penyuluh kepada tiga Desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Menui, Kabupaten Morowali. Minggu (4/7/21)

Tim penyuluh tersebut dari Tiga orang yakni Bapak Abdul Rahman Yusuf jabatan sekertaris, Bapak Fahri Kepala seksi budidaya tangkap dan Bapak Rahman anggota staf. Mereka bersama satgas memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Tanjung Harapan, Desa Tanjung Tiram dan Desa Tanona.

Tujuan dari penyuluhan ini yang pertama menjadikan bidang kelautan dan perikanan sebagai arus utama pembangunan menuju Morowali sejahtera bersama dan tujuan yang kedua menjadikan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.

Ada tiga program kegiatan dari Dinas Perikanan dan Kelautan diantaranya yang pertama Bidang pemberdayaan nelayan dan usaha pembudidayaan ikan, kedua Bidang pengelolaan dan pembudidayaan ikan, yang ketiga bidang penerbitan SIUP, pembudidayaan dan pengelolaan TPI.

Dinas Perikanan dan Kelautan juga melakukan perlindungan kawasan konservasi pesisir dan pulau kecil di Kabupaten Morowali diantaranya Larangan pembuangan sampah di laut, Larangan pengerusakan terumbu karang, padang lamun dan manggrove, Larangan penangkapan ikan/mamalia yang dilindungi dan Larangan penangkapan ikan tidak ramah lingkungan.

Selain progarm-program yang telah dijelaskan Dinas Perikanan dan Kelautan juga memiliki program inovasi untuk lebih memudahkan nelayan. Program Inovasi yang dimaksud yakni SMART TPI MOROWALI, didalam program inovasi tersebut sudah ada sistem Cara Praktis Berbelanja Ikan baik cara menjual atau cara membeli ikan sehingga lebih memudahkan nelayan dan masyarakat dalam menjual hasil tangkapan dan pembeli yang ingin membeli ikan hasil tangkapan nelayan. Kegiatan penyuluhan ini tetap m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *