Korem 132 Tadulako

Mengenal Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M A, Sosok Pemimpin yang Humanis dan Bersahaja

Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M A dikenal sebagai sosok yang humanis, ramah, dan dekat dengan siapa saja.

Itu seperti yang terlihat saat dia bersilaturahmi bersama Jurnalis di Kota Palu beberapa waktu lalu. Pria kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur, 8 Juni 1969, ini tampak ramah. Ia pun tak segan berbaur dengan para jurnalis yang baru dikenalnya.

Menurutnya, menjaga komunikasi dengan sesama manusia itu penting sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Baginya kesuksesan suatu pekerjaan merupakan bentuk koordinasi yang baik dengan siapa saja.

Kartini Nainggolan, salah satu jurnalis di Kota Palu, mengatakan, Brigjen Farid Makruf sangat ramah, supel, dan mudah diajak berkomunikasi oleh awak media.

“Baru pertama kali bertemu saja, beliau sudah seperti orang yang sudah kenal lama. Beliau sangat supel, mudah diajak ngobrol, dan tidak kaku,” kata Kartini, Selasa, (25/8/2020).

Perlakuan ramah Danrem 132 Tadulako ini tak hanya saat bertemu para jurnalis. Jenderal bintang satu ini juga sangat dekat dengan anggotanya dan masyarakat di berbagai tempat yang ia kunjungi.

Hal yang sama juga diakui Kapenrem 132 Tadulako, Kapten Infanteri Ahmad Jayadi. Bagi Jayadi, Danrem Farid Makruf adalah sosok komandan bijaksana, humoris, ramah, baik dengan semua orang dan bersahaja.

“Beliau sangat bersahaja. Baik, luwes, perhatian dengan anggotanya dan mudah diajak komunikasi,” kata Jayadi.

“Di satu sisi beliau juga adalah sosok pemimpin yang tegas, dengan segudang solusi dalam setiap permasalahan di kesatuan yang dipimpinnya,” sambungnya.

Farid Makruf resmi menyandang pangkat Brigadir Jenderal TNI setelah melaksanakan korps kenaikan pangkat Perwira Tinggi (Pati) TNI AD kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD.

Brigjen TNI Farid Makruf, adalah lulusan Akmil angkatan 1991, resmi menyandang pangkat bintang satu berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020.

Bersama 73 orang Pati TNI AD lainnya telah melaksanakan laporan korps kenaikan pangkat kepada Kasad bertempat di Lantai Dasar Gedung E Mabesad di Jakarta, pada 13 Juni 2020.

Dalam perjalanan kariernya, Farid Makruf pernah menjabat jabatan Danrem 162/Wira Bhakti. Farid Makruf, diberikan amanah menjadi Danrem 132/Tadulako.

“Ini pertama kalinya Korem 132/Tadulako dijabat oleh Perwira tinggi (Pati) dan Korem 132/Tadulako sudah naik tingkat menjadi tipe A yang membawahi wilayah Provinsi Sulawesi tengah,” ucap Jayadi.

Farid Makruf pernah menjabat sebagai Danbrigif 13/Galuh (2011—2013), Asops Kasdam IX/Udayana (2013—2014), Kasrem 121/Alambhana Wanawai (2016), Danrem 162/Wira Bhakti (2016—2018), Paban V/Bhakti Ster TNI (2018—2019), Pamen Denma Mabesad (2019—2020) dan Danrem 132/Tadulako (2020—sekarang).

Dengan berbagai pengalaman tugas dan jabatan-jabatan sebelumnya, Kapenrem Jayadi meyakini Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M A dapat mengawaki Korem 132 Tadulako ini dengan baik sesuai dengan amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. (Syarifah Latowa/TimesIndonesia.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *